SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

CARA BETERNAK IGUANA DENGAN MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN


CARA BETERNAK IGUANA DENGAN MUDAH DAN MENGUNTUNGKAN 
 
Selamat datang di dunia satwa
 info mengenai cara beternak iguana dengan mudah dan menguntungkan. beternak iguana sebenarnya secara garis besar hampir sama dengan hewan reftil lainnya yang dibutuhkan adalah kesabaran, ketelitian, dan konsistensi. Beternak iguana sebenarnya tidak terlalu sulit jadi tak salah kalau kita menjadikan iguana ini sebagai peluang usaha disamping hobby


Ciri-ciri Yang Membedakan Jantan atau Betina sebagai berikut
jengger jantan lebih panjang, tubuh lebih besar, wama kulit lebih terang, kepala lebih besar, dan terdapat jakun. Sedangkan Iguana betina jenggernya lebih pendek, tubuh lebih kecil, warna kulit lebih terang, dan kepala kecil.

Proses Perawatan
Dalam hal proses perawatan tidak lah terlalu sulit yang kita perlu ketahui yaitu menjaga kebersihan makanan dan kandang nya. Suhu yang baik untuk perkembangan Iguana adalah 26-29 derajat C, tempat berjemur 32-35 derajat C.tentunya dalam hal untuk membuat kandang iguana haruslah seperti di habitat aslinya yaitu di dalam kandng haruslah di siapkan ranting-ranting di dalam kandang tersebut.kandang yang baik tentunya akan membuat iguana sehat dan terhindar dari penyakit jadi sebaiknya kandang iguana haruslah terkena sinar matahari langsung dan atap kandang iguana hanya di tutupin sebagian.dan di sudut kandang iguana tersebut haruslah di beri pasir, Namun demikian, kuku yang terlalu panjang juga akan mengganggu Iguana ketika sedang berjalan. Oleh karenanya, potong kuku Iguana secara rutin, kira-kira 2 minggu sekali. Gunakan gunting khusus untuk memotong kuku Iguana agar hasil potongan rapi.

Proses Penjodohan
Dalam proses penjodohan didalam kandang iguana tersebut dimasukkan iguana jantan dan betina dengan perbandingan 1:2

Proses kawin
Iguana adalah reftil yang berkembang biak dengan cara bertelur tidak beranak. Agar bisa ditetaskan, telur harus dibuahi/dierami oleh jantan. Hal ini terjadi melalui proses perkawinan secara alami.

Proses Penetasan telur iguana
Biasanya proses reproduksi terjadi setahun sekali yaitu bulan Agustus, lalu 1-2 bulan kemudian indukan akan bertelur, dan menetas paling lama sekitar bulan Januari. Sekali bertelur setiap indukan mampu bertelur sekitar 25-40 butir dan yang akan menetas hidup berkisar 80%.Setiap kali bertelur akan menghasilkan 1-2 anakan yang paling berkualitas dengan ciri warna hijau pastel/hijau terang, bibir seperti memakai lipstick biru yang harga jualnya lebih mahal 3 kali lipat dari yang biasa. Dalam siklus hidupnya, indukan betina kawin hanya sekali dalam 1 tahun dan yang jantan bisa 2-3 kali setahun.Faktor makanan juga sangat mendukung terbentuknya telur yang fertile (bisa menetas). Saat sebelum kawin, berikan makanan yang berkualitas dalam jumlah yang cukup, baik bagi Iguana jantan maupun Iguana betina. Karena Iguana adalah hewan yang mudah stress seperti tidak nafsu makan, galak, warna kulit berubah jadi gelap.Solusinya adalah dengan memperhatikan makanannya. Selain itu bisa kita pindahkan ke tempat yang lebih tenang. Dan berikan minum dan suplemen yang ditaburkan di makanannya. Misalnya Vita-gel penambah mineral dan energi dengan dosis 1-3 cm diberikan 1-2 kali/hari pada waktu tidak nafsu makan saja.

PAKAN
makanan iguana adalah buah-buhan dan sayur-sayuran jadi saat memberi makan iguana haruslah selektif,yaitu bergantian sayuran dan buah.setiap harinya makanan tersebut terdiri dari ,kangkung,kembangkoll,tomat,wortel,sawi,pisang,dan lain-lain Makanan diberikan 2-3 kali sehari untuk Iguana muda dan 2—3 kali seminggu untuk Iguana dewasa. Porsi makanan harus cukup agar tidak ada makan yang terbuang. Porsi makanan ini akan bertambah setiap waktu. Oleh karena itu, sebaiknya jumlah makanan disesuaikan dengan ukuran atau bobot Iguana supaya tidak ada sisa makanan yang merupakan faktor utama yang membuat kandang menjadi kotor, lembap, dan berbau. Terkadang untuk menambah makanan sumber protein hewani, Iguana diberikan jangkrik, cacing, atau anak tikus.


Proses Pemasaran
Untuk pemasaran iguana ini sangatlah menggiurkan karena masyarakat sangat menyukai reftil ini

SEMOGA BERMANFAAT
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.