SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Tips Cara Budidaya Burung Parkit Terbaru dan Terlengkap




Tips Cara Budidaya Burung Parkit Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Burung parkit,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Burung parkit seperti pada umumnya kita memelihara burung pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Burung parkit sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Burung parkit sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung parkit ini.
 Cara Budidaya Burung parkit Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Burung parkit ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby 

Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita Membudidayakan Burung Parkit  tersebut antara lain


•    Kandang atau sangkar yang ideal
•    Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
•    Jenis burung yang sehat dan ideal

KANDANG ATAU SANGKAR

Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang bagi si  Burung Parkit  :

1.    Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
2.    Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
3.    Kandang dapat menampung si burung parkit beserta makannya dengan lapang.
4.    Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.

Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar makanan Burung parkit

Cara Memilih Indukan Burung Parkit

  -Indukan Burung parkit jantan berusia di atas 2 tahun.
  -Indukan Burung parkit betina berusia di atas 1 tahun.
  -Kondisi kesehatan Burung Parkit  harus bagus.
  -Indukan harus lincah.
  -Gacor/rajin berkicau bagi Burung parkit jantan.
  -Tidak cacat fisik.
  -Memiliki badan yang serasi (besar dan panjang).

Saat Anda ingin melakukan pembibitan Burung parkit maka pilihlah burung parkit yang siap ternak. Usia Burung parkit siap ternak berbeda antara si jantan dan si betina.
Hal ini tentunya dapat Anda tanyakan terlebih dahulu pada penjual bibit burung Burung murai  dan pastikan penjualnya jujur pada Anda.

CARA MENJODOKAN BURUNG PARKIT

Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina. 

Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :
1.    Usahakan untuk mendekatkan kandang si jantan dan si betina saat proses penjodohan. Jangan langsung Anda jadikan satu dalam satu kandang karena mereka bisa saja saling berantem satu sama lain.
2.    Usahakan untuk selalu memasangkan Burung parkit tersebut dimana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
3.    Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka dapat saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka telah siap kawin.

Untuk mengetahui bahwa Burung parkit Anda siap kawin, maka dapat Anda perhatikan ciri-cirinya seperti kedua burung saling melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dirinya ke tepian kandang, si betina memasang ‘posisi’ siap untuk dikawini, dan si betina telah menyiapkan sarangnya

Tips Cara Mengawinkan Burung Parkit

Acara mengkawinkan Burung parkit dapat Anda lakukan degan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge. Awasi peranakan yang mereka hasilkan karena peranakan ini biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut

   Masa Pengeraman

Umumnya, parkit betina mampu menghasilkan 3 hingga 7 telur meskipun tidak bisa dipungkiri ada parkit yang bisa bertelur hingga 10 butir. Presentasi telur yang berhasil adalah 2:1 – tergantung umur parkit. Burung yang pertama bertelur biasanya gagal menjaga anaknya hingga dewasa karena stress, sifat yang agresif, dan faktor eksternal lain.

Umumnya, parkit betina akan mengerami telur antara 20 hingga 25 hari. Pada masa itu, parkit jantan lebih agresif saat didekat dan selalu berada di pintu glodok. Pastikan anda memberikan makanan yang cukup, bergizi dan bervariasi untuk menjaga asupan. Letakkan millet, sayuran, asinan ikan kering, dan kerikil atau batu bata kering. Suplai makanan dalam jumlah banyak sehingga anda tidak bolak balik menambah makanan dan mengganggu ketenangan parkit yang bertelur.

 Pakan burung Parkit

Makanan Burung parkit yang baik adalah pakan alami seperti,biji-bijian

CARA PERAWATAN BURUNG PARKIT

Anda harus memperhatikan nutrisi bagi burung murai Anda. Burung parkit yang sehat tentunya akan fit dan menghasilkan peranakan yang berkualitas pula, Anda harus mencermati dimana burung Burung parkit Anda akan diletakkan agar jauh dari hewan pengganggu dan sejenisnya.burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal

Semoga sukses
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.