SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Cara Budidaya Burung Kutilang Terbaru dan Terlengkap

Cara Budidaya Burung Kutilang Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa

Kali ini admin mau berbagi tips membudidayakan Burung kutilang,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Burung kutilang seperti pada umumnya kita memelihara burung pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Burung kutilang sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Burung kutilang sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung kutilang ini.Cara Budidaya Burung kutilangTerbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Burung kutilang ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby

Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Burung kutilang tersebut antara lain

•    Kandang atau sangkar yang ideal
•    Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
•    Jenis burung yang sehat dan ideal

KANDANG ATAU SANGKAR

Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang burung kutilang:
1.    Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
2.    Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
3.    Kandang dapat menampung si burung kutilang beserta makannya dengan lapang.
4.    Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.
Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar burung kutilang itu sendiri.

Cara Memilih Indukan Burung kutilang

Dalam peroses pemilihan indukan yang bagus tentu harus memenuhi berbagai kriteria seperti Indukan Kutilang harus sehat, memiliki warna bulu yang cerah, dan yang paling penting berumur diatas 8 bulan dan dibawah 3 tahun.

Dalam hal perjodohan jantan betina kita harus terlebih dahulu mengenal ciri-ciri Burung Kutilang jantang dan betina sebagai berikut :

Ciri burung kutilang jantan :
•    Mempunyai bentuk kepala yang agak besar
•    Jambulnya tegak terus saat bersuara,juga lebih panjang
•    Postur tubuh agak besar sedikit dibandingkan yang betina
•    Pada bagian bawah ekor mempunyai warna bulu orange terang
•    Suaranya variatif tidak monoton juga tidak puputus-putus
Ciri burung kutilang betina :
Mempunyai bentuk kepala yang agak kecil sedikit
•    Jambulnya jarang tegak juga pendek
•    Postur tubuhnya lebih kecil
•    Pada bagian bawah ekornya mempunyai warna bulu kuning pudar
•    Suaranya cenderung monoton juga tidak keras
•    Sering putus-putus saat bersuara

CARA MENJODOKAN BURUNG KUTILANG
Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina. Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :

1.    Usahakan untuk mendekatkan kandang si jantan dan si betina saat proses penjodohan. Jangan langsung Anda jadikan satu dalam satu kandang karena mereka bisa saja saling berantem satu sama lain.
2.    Usahakan untuk selalu memasangkan burung kacer tersebut dimana saja, misalnya saat dijemur, agar mereka semakin akrab.
3.    Acara penjodohan ini dapat Anda lakukan pada sore hari sehingga pada malam hari mereka dapat saling mengakrabkan diri dan di pagi hari mereka telah siap kawin.
Untuk mengetahui bahwa burung kutilang Anda siap kawin, maka dapat Anda perhatikan ciri-cirinya seperti kedua burung saling melolohkan makanan, si jantan menabrakkan dirinya ke tepian kandang, si betina memasang ‘posisi’ siap untuk dikawini, dan si betina telah menyiapkan sarangnya

Tips Cara Mengawinkan Burung Kutilang
Acara mengkawinkan burung kutilang dapat Anda lakukan dengan memindahkan si jantan ke sarang betina. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat meningkatkan ‘stamina’ si jantan dengan memberikan nutrisi berprotein tinggi seperti telur puyuh dan taoge. Awasi peranakan yang mereka hasilkan karena peranakan ini biasanya menjadi sasaran empuk tikus atau semut

   Masa Pengeraman
Dalam masa pengeraman, indukan burung kutilang membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di kandang dan sekitar kandang. Pastikan tidak ada gangguan tikus, kucing, anjing, semut, kecoa atau parasit. Waktu pengeraman burung kutilang sekitar 14 hari (2 minggu), dan daya tetas telur tergantung dari kondisi lingkungan dan betina itu sendiri. Sebagai saran, pada saat masa mengeram kurangilah memberikan EF karena dapat membuat burung kutilang agresif dan birahi tinggi dan akan berdampak buruk pada telur yang dierami. Sebelum telur menetas (sekitar 2 hari sebelum menetas) perbanyaklah memberi EF dan jangan lupa sediakan kroto. Biarkan indukan burung kutilang memberi makan anakannya dengan koroto, karena kroto baik untuk anakan burung kutilang yang baru menetas.

   Pakan Burung Kutilang
Makanan burung kutilang yang baik adalah pakan alami seperti,kroto,ulathongkong,serangga kecil,seperti di alam burung ini memakan makanan yang lunak seperti pisang dan pepaya

CARA PERAWATAN BURUNG KUTILANG
Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga seliar apapun burung ini jika sudah lama dirawat maka akan menjadi jinak. hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan tempat makana dan minumanya burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal

Semoga sukses
kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.