SELAMAT DATANG

Breaking News
recent

Cara Budidaya Burung Betet Terbaru dan Terlengkap


Cara Budidaya Burung Betet Terbaru dan Terlengkap

Selamat datang di dunia satwa
Burung betet,sebenar nya cukup mudah untuk membudidayakan Burung betet seperti pada umumnya kita memelihara burung pada umumnya apalagi bagi pemula sekalipun.
Cara budidaya Burung betet sangatlah mengiurkan untuk dijadikan peluang usaha karena selain mudah memeliharanya dan pakan-pakan nya cukup mudah di dapat,budidaya Burungmbetet sekarang ini sudah menjadi tren bagi pecinta binatang satu ini apalagi mempunyai harga jual yang cukup tinggi,jadi tak salah kalau kita membudidayakan Burung betet ini.Cara Budidaya Burung betet Terbaru dan Terlengkap,ini adalah solusi cara anda yang mau menjadikan Burung betet ini sebagai peluang usaha di samping hobi,jadi sebelum kita melakukan sesuatu hendaklah di dasari dengan hoby
Nah ini artikel yang tetap untuk anda pelajari walau pemula sekalipun

Hal yang harus kita ketahui adalah lokasih dimana tempat kita membudidayakan Burung Betet tersebut antara lain

•    Kandang atau sangkar yang ideal
•    Pakan yang cukup untuk memenuhin nutrisi dan vitamin
•    Jenis burung yang sehat dan ideal

KANDANG ATAU SANGKAR
Berikut ini beberapa tips bagi Anda dalam menyiapkan kandang burung betet
1.    Kandang harus bebas dari gangguan hewan pengganggu seperti semut, tikus, ular, dan sebagainya.
2.    Kandang harus bersih dan usahakan terkena sinar matahari pada pagi hari.
3.    Kandang dapat menampung si burung betet beserta makannya dengan lapang.
4.    Kandang terbuat dari bahan yang awet, tidak mudah rusak dan dimakan rayap. Jenis kandang alumunium dapat Anda manfaatkan.
Untuk itu, lokasi kandang baiknya ditempelkan di tembok agar terbebas dari resiko di atas. Jangan lupa pemeliharaan kandang dengan selalu mengecek serangga dan hewan pengganggu lainnya yang mungkin mengincar burung betet itu sendiri.

Cara Memilih Indukan Burung Betet

Dalam peroses pemilihan indukan yang bagus tentu harus memenuhi berbagai kriteria seperti Indukan Betet harus sehat, memiliki warna bulu yang cerah, dan yang paling penting berumur diatas2- 3 tahun.sehingga sehingga organ reproduksinya benar-benar matang.
Tidak sedikit pula yang memasangkannya sejak masih berusia muda, agar proses penjodohan bisa berjalan lebih cepat. Tetapi risiko kawin muda menjadi sangat besar, dan kurang baik untuk anakan. Solusinya adalah telur-telur yang dihasilkan pada periode peneluran pertama dan kedua jangan ditetaskan dulu. Baru pada periode peneluran yang ketiga, ketika organ reproduksi burung jantan dan betina sudah berkembang makin sempurna, telur-telur sudah  bisa ditetaskan atau dierami

CIRI-CIRI BURUNG BETET BETINA DAN JANTAN 
Pada burung muda, jenis kelamin masih sulit dibedakan, karena penampilan fisiknya hampir sama dan mirip dengan burung betina dewasa. Tetapi beberapa penangkar berpengalaman bisa melakukan sexing pada burung muda dengan melihat bagian di atas pangkal paruh, di sekitar lubang hidungnya. Burung muda betina memiliki ciri melengkung hingga ke dahi, sedangkan burung jantan muda cenderung datar di dahi. Selain itu, burung muda betina juga memiliki wajah berwarna biru.

CARA MENJODOKAN BURUNG BETET

Proses penjodohan tidak bisa dihitung secara pasti. Hal ini tergantung pada ketepatan Anda dalam memasangkan antara si jantan dan si betina.
Berikut ini beberapa hal yang patut Anda perhatikan :
Proses penjodohan bisa dianggap selesai dan berhasil, jika burung betina mulai minta makanan kepada burung jantan. Pasangan yang sedang romantis-romantisnya ini bisa langsung dimasukkan ke kandang penangkaran yang sudah dilengkapi dengan gelodok. Bahan untuk bersarangnya antara lain sobekan kertas atau bekas serutan kayu. Dalam waktu tidak lama kemudian, keduanya sudah akan kawin.

   Masa Pengeraman
Induk betina akan bertelur sebanyak 2 –  4 butir, yang akan dierami selama 22 hari atau hampir sama dengan lama pengeraman telur lovebird. Setelah menetas, anakan betet akan menjadi burung yang dewasa pada umur 52 hari,

   Pakan Burung Betet
Makanan burung Betet yang baik adalah pakan alami seperti,biji-bijian

CARA PERAWATAN BURUNG BETET
Perawatan burung ini terbilang cukup mudah karena burung ini dikenal sebagai burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan dan cerdas sehingga seliar apapun burung ini jika sudah lama dirawat maka akan menjadi jinak. hal terpenting yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang dan tempat makana dan minumanya burung yang sehat tentunya terjaga semua nutrisi dan kebersihan kandang hal ini hendaklah kita memandikan burung tersebut dengan cara menyiapkan tempat kolam pemandiannya yang ideal

kebunsatwapiak

kebunsatwapiak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBUN SATWA PIAK. Diberdayakan oleh Blogger.